Thursday, May 27, 2010

broo' ada yang baru nehh..."nasi uduk goreng"


Biasanya nasi adalah masakan yang terakhir saya siapkan menjelang makan malam. Bukan apa-apa, saya tak terlalu suka masak nasi. Entah kenapa :oops: Hehe

Masakan ini saya buat bulan Januari lalu. Pagi itu sewaktu saya hendak membuat nasi goreng -saya sudah menyiapkan bahan-bahannya- ternyata nasi putihnya sudah habis. Woalah.

Saya pergi ke warung nasi uduk di depan rumah untuk membeli nasi uduk saja tanpa pelengkapnya. Saya pikir ngga apa-apalah sama-sama putih. Haha.

Ide saya hanyalah menambahkan udang dan ati ampela ayam ke dalam nasi uduk yang sudah gurih. Tapi saat mengaduk nasi saya terpikir untuk menambahkan kecap. Dengan harap-harap kalau ngga enak, kita keluar saja sarapan bubur di pasar :mrgreen:

Nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris,abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari. (id.wikipedia)

Nasi Uduk Gorengnasiudukgoreng

Bahan:

* 1 piring besar nasi uduk
* 100 gram udang besar, kupas kulit
* 2 buah ati ampela yang sudah digoreng, potong-potong kecil
* 1 siung bawang putih, rajang halus
* 1 batang daun bawang, iris halus
* 2 buah cabai merah, potong serong
* 3 sdm minyak untuk menumis
* 1 sdm kecap manis
* 1/4 sdt garam

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih hingga harum
2. Masukkan cabai dan daun bawang, aduk rata
3. Masukkan udang, aduk masak hingga udang memerah
4. Masukkan nasi uduk dan ati ampela, aduk rata
5. Tambahkan garam dan kecap, aduk rata, masak hingga nasi mengerak di dasar wajan
6. Angkat dan sajikan hangat

Gud lak! ;)


sumber :masukdapur.blogdetik.com

1 comment: